Prediksi Soal CPNS 2021

Bagi anda yang ingin mendaftar CPNS tahun 2021 tentunya penasaran bagaimana bentuk soal CPNS di tahun 2021 nanti. Apakah ada kemiripan dengan soal CPNS terakhir (2019) ?

Sebelum kami melanjutkan prediksi kami, ada baiknya kita simak kembali model Soal CPNS 2019 yang lalu.

Menurut Permenpan RB Nomor 24 Tahun 2019, penilaian materi soal TIU dan TWK dilihat dari benar dan salah.

Jika peserta menjawab dengan benar, maka mendapatkan nilai 5 (lima) dan jika salah atau tidak menjawab, nilainya 0 (nol).

Penilaian untuk materi soal TKP, jika menjawab nilai terendahnya 1-5 (satu hingga lima), dan tidak menjawab nilainya 0 (nol).

Dengan demikian, nilai kumulatif maksimal adalah 500 (lima ratus), terdiri dari nilai maksimal untuk TKP sebesar 175 (seratus tujuh puluh lima), TIU sebesar 175 (seratus tujuh puluh lima), dan TWK sebesar 150 (seratus lima puluh).

Adapun ambang batas nilai CPNS di tahun 2019 lalu adalah

-Tahun Batas Nilai Tahun Ini TWK (64), TIU (80) dann TKP (126)

Selain itu, yang perlu digarisbawahi adalah bahwa Soal CPNS tahun 2019 adalah menggunakan sistem HOTS (High Order Thinking Skills). Yang artinya model soalnya lebih kepada Analisa tingkat tinggi. Bukan sekedar hafalan nama, tanggal dan peristiwa. Namun lebih kepada analisa terhadap kejadian yang disajikan.

Berdasarkan tipe-tipe soal CPNS terakhir (2019) tersebut. Maka kami masih yakin bahwa soal CPNS tahun 2021 nanti masih memiliki jenis, bobot dan tipe soal yang mirip. Yaitu mengujikan soal berjenis TWK (Wawasan Kebangsaan), TIU (Intelejensi Umum) dan TKP (Karakteristik Pribadi).

Untuk menguasai dan membiasakan diri dengan tipe soal CPNS tersebut, kami merekomendasikan Anda untuk mempelajarinya sedini mungkin. Lebih dini anda belajar, maka peluang Anda untuk menguasai soal akan lebih baik dibandingkan dengan para pesaing Anda. Salah satu situs yang kami rekomendasikan untuk belajar Soal CPNS adalah soalcpnspdf.com Namun demikian Andapun bisa belajar dari materi buku cetak yang bisa anda dapatkan di Toko buku. Meskipun dari segi biaya, buku cetak ini akan lebih mahal.